MENJADI PRIBADI MANDIRI

Oleh: Masyudi, M.Pd
Founder Akasia Islamic School

Semakin bertambah usiamu maka perlahan namun pasti kamu harus menjadi pribadi mandiri, menjalani kehidupanmu seorang diri tanpa salalu bergantung bantuan orang tua, kakek, nenek, maupun saudara.

Menjadi pribadi mandiri di awal-awal memeng penuh lika liku dan butuh perjuangan karena banyak tantangan dan hambatan yang akan kita hadapi,  tapi jika kamu dapat bertahan, terus berjuang maka kamu akan memiliki kualitas pribadi lebih matang  .

Bagi kamu yang merasa belum sepenuh nya bisa menjadi pribadi mandiri, jangan merasa minder terlebih dahulu karena semua bisa dilatih, semua bisa diasah.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat menjadi pribadi mandiri:

1. Bangun Mindset

Jika kamu ingin mandiri maka terlebih dahulu yang  harus kamu lakukan adalah menanamkan mindset kemandirian, yakni memiliki kepercayaan akan kemampuan diri sendiri dengan memulai belajar mengambil keputusan sendiri. Walaupun begitu tidak ada salahnya jika suatu saat kamu meminta pendapat orang lain seperti orang tua, guru atau sahabat yang bisa dipercaya.

2. Jadilah Diri Sendiri

Saat kita membentuk kepribadian kita dengan ekspektasi orang lain, maka hal tersebut akan membuat kita menjadi orang lain dan akan selalu bergantung  sesuai apa yang dikatakan orang kepada kita, dan ini tidak baik bagi perkembangan kepribadian kita kedepannya. Tapi mulai ganti pola pikir dan sikap kita dengan mencoba melakukan sesuatu yang positif sesuai keinginan diri sendiri, sesuai dengan target yang akan kita capai dalam kehidupan kita.

3. Kerjakan Yang Bisa Kamu Kerjakan

Mulai lakukan hal-hal sederhana sendiri, seperti; membereskan tempat tidur, mencuci baju  ataupun menyiapkan sarapan pagi sendiri, ini bisa menjadi kebiasaan sederhana yang dapat membuat kita mandiri pada masa yang akan datang karena jika kita terbiasa dengan mudah melakukan hal-hal kecil maka akan membuat kita lebih muda melakukan hal-hal yang lebih besar nantinya.

4. Hadapi Masalah

Di dunia ini tidak ada satu orang pun yang terlepas dari masalah, justru dengan adanya masalah tersebut menjadikan kita lebih dewasa dalam menyikapi hidup ini, karena itu jika masalah datang maka hadapilah dengan kepala tegak dan selesaikan, karena akan mendewasakan dan membuatmu lebih mandri Jika suatu saat kamu menghadapi masalah pada masa yang akan datang terlebih jika masalah yang datang adalah masalah yang sama atau mirip-mirip. Jadikan masalah menjadi ajang menempa diri agar kita lebih dewasa dalam menyikapi berbagai problema dalam kehidupan kita.

5. Hasilkan Uang

Dimasa sekarang ini hampir setiap oran ingin memiliki pengahasilan sendiri. Jika kamu masih berstatus pelajar bukan berarti kamu tidak bisa memiliki penghasilan sendiri. Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas bermanfaat untuk mendapatkan uang, diantaranya: menjadi youtuber, menjadi blogger, jualan online, jasa penulis artikel online, jasa ketik, jualan pulsa, dropshipper, jualan makanan, dll.

 

 

 

 

 

 

3 Komentar

  1. Masya Allah. Pribadi mandiri adalah pribadi unggul yg membekali dengan pondasi IMTAK dan IPTEK.
    Blog : Guru Berkah

    BalasHapus