BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Mengatasi Ketergantungan Ananda Pada Gadged


Oleh: Masyudi, M.Pd 
Founder Akasia Islamic School

Saat ananda mulai menggunakan gadged perlahan namun pasti, mereka mulai mencintai gadged-nya sampai lupa waktu, malas beribadah, tidak mau mengerjakan tugas sekolah, hingga emosi dan meronta-ronta jika gadgednya diambil agar Ananda dapat melakuan tangggung jawab hariannya. Sebeb itu, ayah bunda perlu mengatasi hal tersebut dengan cara yang bijak.

Untuk mengetahui apakah Ananda sudah mengalami ketergantungan pada gadged, ayah bunda dapat melihat kebiasaan sehari-hari ananda, jika ketika terbangun dari tidur pertama kali yang dicari adalah gadged, emosi jika disuruh berhenti bermain gadged dan lebih banyak waktu yang terbuang hanya untuk online maka hampir bisa dipastikan ananda sudah mengalami ketergantungan pada gadget. 

Jika hal ini tidak segera diatasi, tentu akan sangat tidak baik bagi perkembangan ananda kedepannya, berikut beberapa tips untuk mengatasi ketergantungan anak pada gadged:

1. Jadilah cermin yang baik bagi ananda
Setiap waktu, Ananda senantiasa mengamati dengan matanya, mendengar dengan telinganya dan mencerna dengan pikirannya apapun yang dilakukan ayah bunda. Tanpa terkecuali kebiasaan ayah bunda dalam menggunakan gadged, jika ayah bunda sering bermain gadged di depan Ananda, Ananda juga akan meniru kebiasaa tersebut, bukankan anak-anak itu adalah peniru sejati? Karena itu jadilah cermin, jadilah suritauladan yang baik bagi Ananda.

2. Lakukan aktifitas fisik 
Melakukan aktifitas fisik bersama anggota keluarga, selain menyehatkan dapat juga mengurangi perhatian Ananda pada gadgednya. Ayah bunda dapat mengajak Ananda berjalan kaki mengelilingi komplek perumahan,  membersikan rumah, memasak dan menyiram tanaman bersama.

3. Buat kesepakatan
Membuat kesepakatan antara ayah bunda dan Ananda sangat penting dalam menumbuhkan perilaku positif pada ananda dan agar Ananda tidak kembali berlebihan dalam menggunakan gadged. Dalam membuat kesepakatan hendaknya melibatkan semua pihak, tertulis diarea yang mudah dilihat, memuat nilai-nilai positif, ada konsekuensi terhadap pelanggaran dan evaluasi secara berkala

4. Konsultasi ke psikolog
Kalau langkah-langkah diatas belum memberikan dampak yang maksimal dalam mengurangi ketergantungan Ananda akan gadgeg sebaiknya ayanh bunda segera berkonsultasi pada psikolog agar menemukan cara terbaik untuk membantu Ananda memnghilangkan ketergantungan pada gadgednya.





« PREV

Tidak ada komentar

WhatsApp-Button