DIDIKLAH BUAH HATI ANDA SESUAI DENGAN ZAMANNYA

Oleh: Masyudi, M.Pd 
Founder Akasia Islamic School


Ada
ungkapan yang mengatakan; Didiklah anak-anakmu sesuai zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedang kalian diciptakan untuk zaman kalian.

Dari ungkapan ini kita mendapat pelajaran bahwa pengetahuan itu bersifat dinamis dan terus berubah menyesuaikan dengan kondisi dan zamanya. Pola asuh orang tua zaman dulu bisa jadi efektif pada zamanya, tapi jika kita terapkan pada kondisi saat ini apakah masih efektif?

Kita harus menyadari kalau zaman telah berubah, laju perubahannya ngebut binggits sehingga mau tidak mau orang tua zaman now harus pandai-pandai beradaptasi.

Seiring perjalanan waktu dari dahulu sampai sekarang so pasti membawa banyak perbedaan perilaku antra generasi dahulu dengan generasi zaman now.

Setiap generasi memiliki karakteristik demografik yang berbeda dengan generasi sebelumnya  atau setelahnya. Perbedaan karakteristik antar  generasi bisa berupa perbedaan peran gander, karier, keseimbangan kerja, lingkungan pekerjaan bahkan keyakinan.

Nah, sekarang generasi anak-anak kita, generasi yang lahir di dunia yang serba instan, yang sangat menyukai sesuatu yang praktis, tidak suka berlama-lama dan ribet dalam melalui sebuah proses, yang tanpa sadar sebenarnya kitalah yang mengajarkannya, karena dari bangun tidur umumnya sarapan sudah tersaji di meja. Keperluan sekolah sudah disiapkan oleh ibu atau pembantu, berangkat sekolahpun diantar kendaraan bermotor yang membuat mereka lebih cepat tiba kesekolah.

Karena itu,ada baiknya orang tua mulai mengikuti kelas-kelas parenting dan membaca buku-buku parenting agar dapat memiliki pola asuh yang tepat dalam mendidik buah hati mereka.

 

 

 

 

 

 

 


0 Komentar