BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

TANTANGAN MENGASUH KIDS ZAMAN NOW

Oleh: Masyudi, M.Pd
Founder Akasia Islamic School


Zaman terus berubah, apa yang kita alami 20 tahun tahun yang lalu dengan sekarang sangat jauh berbeda, apalagi melihat perubahan zaman yang terus berganti dan berganti dengan cepat. Setiap hari ada saja hal baru yang membuat kita tak boleh berhenti belajar.

Orang tua disetiap zamannya tentu memiliki tantangan masing-masing dalam mendidik anak-anak mereka, jika kita melihat tren yang terjadi sekarang, salah satu tantangan kita adalah membentuk anak kita menjadi anak yang tangguh sehingga mereka bisa survive ditengah derasnya persaingan. Kita perlu menyiapkan mental mereka agar memiliki mental sekeras baja, sekokoh batu karang agar tidak mudah frustasi dan siap mengahdapi proses yang semakin menantang adrenalin.

Dengan kemajuan zaman tentu membawa nilai positif bagi perkembangan anak-anak kita , anak-anak kita dapat beselancar dengan muda di dunia maya untuk mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat dalam waktu singkat. Namun sudah menjadi rahasia umum jika semakin canggih teknologi juga berdampak buruk bagi bagi perkembangan mereka, banyaknya konten-konten negatif, bermuatan kekerasan, pornografi anak, penipuan dan lainnya yang berseliweran di dunia maya, dan ini menjadi tantangan yang tidak mudah bagi orang tua untuk mendidik anak mereka agar dapat menghindari hal buruk tersebut, butuh usaha yang lebih ekstra dari orang tua untuk mengarahkan anak-anak mereka  dalam bermain di dunia maya. Disebabkan beda generasi, terkadang sebagian orang tua yang gaptek pun semakin ngos-ngosan mengejar kemapuan anak-anak mereka dibidang teknologi. Melihat hal itu semua, orang tua memiliki peran yang besar dalam pengasuhan buah hati mereka sehingga tidak boleh menutup diri dari kemajuan teknologi.

Orang tua hendaknya selalu meng-upgrade kemampuannya dengan membaca buku, mengikuti kelas-kelas perenting, mencari informasi melalui internet maupun media sosial yang dapat mendukung anak-anak mereka dalam setiap perkembangannya.

Yang pasti, kita tidak dapat selalu mengawasi anak-anak kita, yang bisa kita lakukan adalah melakukan pendampingan dan memberikan” anti virus” dengan bimbingan dan arahan agar mereka bisa melindungi diri mereka sendiri ketika jauh dari pengawasan orang tua.

 

 

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

WhatsApp-Button